Instruksi mesin dinyatakan dengan pola 0 dan l. Pola semacam itu sangat sulit
untuk dijelaskan pada saat membahas atau menyiapkan program. Oleh karena itu, kita
menggunakan nama simbolik untuk menyatakan pola tersebut. Sejauh ini kita telah
menggunakan katakata biasa seperti Move, Add, Increment, dan Branch, untuk
instruksi operasi yang menyatakan pola kode biner yang sesuai. Pada saat menulis
program untuk komputer tertentu, katakata tersebut biasanya diganti dengan akronim
yang disebut mnemonic, seperti MOV, ADD, INC, dan BR Serupa dengan kita
menggunakan notasi R3 untuk mengacu pada register 3, dan LOC untuk mengacu
pada lokasi memori. Set lengkap nama simbolik semacam dan aturan penggunaannya
membentuk bahasa pemrograman, yang biasanya disebut sebagai bahasa assembly.
Set aturan untuk menggunakan mnemonic dalam spesifikasi instruksi dan program
lengkap disebut syntax bahasa.
Program yang ditulis dalam bahasa assembly dapat secara otomatis
ditranslasikan ke rangkaian instruksi mesin oleh suatu program yang disebut
assembler. Program assembler adalah salah satu kumpulan program yang merupakan
bagian dari software sistem. Assembler, seperti halnya program yang lain, disimpan
sebagai rangkaian instruksi mesin dalam memori komputer. Program user biasanya
dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard dan disimpan dalam memori atau
disk magnetik. Pada titik ini, program user hanyalah kumpulan baris karakter
alfanumerik. Pada saat program assembler dieksekusi, program tersebut membaca
program user, menganalisanya, dan kemudian menghasilkan program bahasa mesin
yang diinginkan. Bahasa mesin tersebut berisi pola 0 dan 1 yang menetapkan instruksi
yang akan dieksekusi oleh komputer tersebut. Program user dalam format teks
alfanumerik aslinya disebut source program, dan program bahasa mesin yang di
assemble disebut object program.
Bahasa assembly untuk suatu komputer mungkin case sensitive atau mungkin
tidak, sehingga, komputer tersebut bisa membedakan antara huruf kapital dan huruf
kecil atau tidak dapat. Kita akan menggunakan huruf kapital mark menunjukkan
semua nama dan label dalam contoh kita untuk dapat meningkatkan kemudahan
pembacaan teks. Misalnya, kita akan menuliskan instruksi Move sebagai berikut
MOVE R0, SUM
MOVE mnemonic menyatakan pola biner, atau OP code, untuk operasi yang
dilakukan oleh instruksi tersebut. Assembler mentranslasi rnnemonic ini menjadi OP
code biner yang dipahatni komputer.
Mnemonic OPcode diikuti oleh setidaknya satu karakter spasi kosong.
Kemudian informasi yang menyatakan operand ditetapkan. Dalam contoh kita, source
operand berada dalam register R0. Informasi ini diikuti oleh spesifikasi destination
operand, dipisah dari source operand dengan koma, tanpa jeda kosong. Destination
operand berada dalam lokasi memori yang alamat binernya dinyatakan dengan nama
SUM.
Karena terdapat beberapa mode pengalamatan yang dapat digunakan untuk
menetapkan lokasi operand, maka bahasa assembly barns mengindikasikan mode
mana yang digunakan. Misalnya, nilai numerik atau nama yang digunakannya, seperti
SUM pada instruksi sebelumnya, dapat digunakan untuk menunjukkan mode
Absolute. Sehingga instruksi
ADD #5, R3
menambahkan bilangan 5 ke isi register R3 dan meletakkan hasilnya kembali ke
register R3. tanda sharp bukanlah cara satusatunya untuk menunjukkan mode
pengalamatan Immediate. Dalam beberapa bahasa assembly, mode pengalamatan
yang dimaksud dinyatakan dalam mnemonic OPcode. Dalam hal ini, suatu instruksi
memiliki mnonemonic OPcode yang berbeda untuk mode peugalamatan yang
berbeda. Misalnya, iustruksi Add sebelumnya dapat ditulis sebagai berikut
ADDI 5, R3
Akhiran I dalam mnemonic ADDI menyatakan bahwa source operand dinyatakan
dalam mode pengalamatan Immediate.
Pengalamatan Indirect biasanya dinyatakan dengan meletakkan tanda kurung di
sekitar nama atau simbol yang menunjukkan pointer ke operand. Misalnya, jika
nomor 5 ditempatkan dalam lokasi memori yang alamatnya disimpan dalam register
R2, maka aksi yang diinginkan dapat ditetapkan sebagai berikut
MOVE #5, (R2)
atau mungkin
MOVE 5, (R2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
1. "Blog ini Do Follow, silakan post untuk mendapatkan Backlink"
2. "Anda Follow, pasti saya Followback"
3. "Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"
4. "Terima Kasih Lagi . . . !!!"
Komentar Anda Sangat Kami Harapkan Untuk Kemajuan Blog Ini. isikan komentar anda disini !