Selasa, 06 September 2011

ARTI DAN MANFAAT HIDUP SEHAT DAN BAHAGIA

Terkoneksi dengan orang lain membuat kita merasa utuh sebagai manusia. Hubungan yang sehat, baik karena terikat dalam perkawinan, pertalian saudara, pertemanan, lingkungan sosial, merupakan dasar dari apapun yang kita kerjakan. Kesuksesan hidup terasa hambar jika kita tidak mempunyai orang yang istimewa yang bisa diajak berbagi. Studi menunjukkan hubungan yang sehat tidak saja membuat kita sehat emosi tetapi juga sehat fisik. Berikut tujuh manfaat sehat agar tetap bahagia bersama orang yang kita cintai.

Jauh dari depresi. Orang yang bahagia dalam hubungan pribadinya jauh dari depresi. Dikelilingi oleh orang-orang yang peduli dan sayang, membuat hidup menjadi bersemangat.

Tekanan darah sehat. Keterikatan dengan seseorang yang menyenangkan membuat bahagia. Bahagia bisa menjaga tekanan darah normal. Pasangan yang tidak bahagia memiliki masalah dengan tekanan darah. Yang membuat bahagia adalah mutu dari hubungan tersebut, ini merupakan tolok ukur tekanan darah.

Jauh dari rasa cemas. Hubungan yang kokoh membuat seseorang jauh dari rasa cemas karena merasa aman dan nyaman. Hubungan kokoh dan bahagia mengaktifkan salah satu syaraf otak yang terasosiasi dengan koneksi. Semakin aktif syaraf otak ini, semakin berkurang rasa cemas.

Atasi stres lebih baik. Orang yang berpasangan dan bahagia bisa mengatasi stres lebih baik daripada orang hidup sendiri. Ada keterkaitan antara mengelola stres dengan baik dengan dukungan sosial.

Sembuh lebih cepat. Jika memiliki hubungan yang bahagia, sakit pun akan cepat sembuh. Menurut suatu studi, kekuatan cinta membantu proses penyembuhan.

Jarang flu. Aneh tapi nyata, ketika orang bahagia, penyakit menjauh, termasuk flu. Stres, cemas, dan depresi pun enggan menyapa orang bahagia. Itu karena hubungan bahagia meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hidup lebih lama. Betul lho, merasa ada teman, ada yang memperhatikan, menjaga, mencintai membuat umur lebih panjang. Hubungan yang bahagia memberikan dukungan moril dan materil, membuat orang berpasangan yang bahagia membpunyai alasan untuk hidup lebih baik.

Bagaimana? Sudah bahagiakah Anda? Jika belum optimal, bahagia bisa diusahakan dan dijaga kok…

Dihimpun dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. "Blog ini Do Follow, silakan post untuk mendapatkan Backlink"
2. "Anda Follow, pasti saya Followback"
3. "Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"
4. "Terima Kasih Lagi . . . !!!"

Komentar Anda Sangat Kami Harapkan Untuk Kemajuan Blog Ini. isikan komentar anda disini !