Senin, 06 Juni 2011

DEFINISI PENGERTIAN FAKTOR FAKTOR INDIVIDU ELEMEN DASAr dalam hakekat teknik proses pengambilan keputusan jenis jenis keputusan

v Hakekat Keputusan

Proses pengambilan keputusan merupakan proses utama dalam mengelola tugas organisasi ,melibatkan pemilihan pemilihan dari berbagai alternative tindakan,dan merupakan aktifitas yang fundamental dalam organisasi.

v Elemen-elemen Dasar dalam Proses Pengambilan keputusan

1. menetapkan tujuan artinya pengambil keputusan harus memiliki tujuan yang akan mengarahkan tujuanya ,apakah spesifik yang dapat diukur hasilnya ataupun sasaran yang bersifat umum.

2. Mengidentinfikasi Permasalahan artinya proses pengambilan keputusan umumnya di mulai setelah permasalahan diidentifikasi,ada tiga kesalahan yang sering terjadi dalam mengidentifikasi permasalahan yaitu mengabaikan permasalan yang ada,memusatkan perhatian pada gejala dan melindungi diri.

3. Mengembangkan sejumlah alternatif artinya mengembangkan serangkaian alternatif untuk menyelesaikan permasalahan baik yang interen ataupun eksteren yang dapat memecahkan masalah yang terjadi.

4. Penilain dan pemilihan alternatif.yaitu mengidentifikasi dan mengevaluasi alternatif yang telah dikembangkan dan dipilih alternatif yang terbaik.ada tiga kondisi proses pengambilan keputusan yang diidentifikasi yaitu kepastian,ketidakpastian,dan risiko.

5. Melaksanakan keputusan yaitu apabila salah satu dari alternative telah dipilih maka keputusan harus di terapkan.

6. Evaluasi dan pengendalian.yaitu mekanisme system pengendalian dan evaluasi perlu dilakukan agar apa yang diharapkan dan keputusan tsb dapat terealisir.

v Jenis-jenis Keputusan

1. Keputusan yang deprogram yaitu keputusan yang bersifat rutin dan dilakukan secara berulang-ulang sehingga dapat dikembangkan suatu prosedur tertentu.

2. Keputusan yang tidak deprogram yaitu keputusan baru,tidak tersetruktur dan tidak dapat diperkirakan sebelumnya.

v Factor –faktor Individu dalam Proses Pengambilan Keputusan

1. Nilai individu pengambilan keputusan

2. Kepribadian < idiologi versus kekeasaan dan emosional versus objektivitas >

3. Kecenderungan terhadap pengambilan resiko.

v Keputusan kelompok

Metode yang umum untuk membuat keputusan organisasi adalah dilakukan oleh kelompok,terlebih-lebih untuk organisasi yang penting dan kompleks.

Perbandingan antara keputusan individu dengan kelompok memerlukan kriteria seperti :

· Kreativitas

· Komitmen dan penerimaan

· Waktu dan biaya

v Teknik Pengambilan Keputusan Kelompok

· Teknik Brainstorming

Teknik Brainstorming adalah meningkatkan kreativitas dalam diskusi kelompok dengan menciptakan lingkungan yang merangsang munculnya gagasan baru .

Aturan dasar tentang teknik Broinstorming

1. Tidak ada gagasan yang dikritik.

2. Didorong adanya kebebasan untuk mengemukakan pendapat.

3. Penekananya pada kuantitas dari gagasan ,semakin banyak gagasan semakin baik.

4. Peserta didesak untuk memperbaiki atas ide-ide peserta yang lain dan mengobinasikan ide tsb untuk solusi yang lebih baik.

· Teknik Delphi

Teknik ini di kembangkan oleh pekerja pada Rond Corporation sebagai suatu metode mengkombinasikan informasi dan wawasan dari para peserta pengambil keputusan dengan menghilangkan kelemahan dari interaksi tatap muka.

Keunggulan dan kelemahan Teknik Delphi

1. Karena orang terlibat dalam proses pengambilan keputusan tidak berhadapan muka ,tidak terpengaruh oleh seseorang yang mendominasi dan terhindar dari bias yang disebabkan oleh kepribadian seseorang.

2. Memiliki kemampuan untuk mengkombinasikan antara keahlian ,pengalaman dan kearifan dari indifidu tanpa mengorbankan waktu dan biaya untuk menghadiri rapat pada tempat tertentu.

· Teknik Kelompok Nominal

Teknik kelompok Nominal menggabungkan antara konsep Braintorming dengan teknik Delphi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. "Blog ini Do Follow, silakan post untuk mendapatkan Backlink"
2. "Anda Follow, pasti saya Followback"
3. "Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"
4. "Terima Kasih Lagi . . . !!!"

Komentar Anda Sangat Kami Harapkan Untuk Kemajuan Blog Ini. isikan komentar anda disini !